PEMILIHAN DUTA BAHASA JAWA BARAT 2020

Kontributor

Fajar Akbar

Juru Foto

Duta Bahasa Jawa Barat

Final Pemilihan Duta Bahasa Jawa Barat 2020 telah digelar di Hotel El Royale Bandung pada Sabtu (29/8).  Kegiatan bertajuk “Inovasi Kebahasaan dan Kesastraan  untuk Negeri” ini diikuti oleh 332 pendaftar dari seluruh kota dan kabupaten di Jawa Barat.

Pemilihan Duta Bahasa Jawa Barat 2020 bertujuan untuk mencari kader muda yang dapat menjadi ikon kebahasaan dan melaksanakan trigatra bangun bahasa; mengutamakan bahasa Indonesia, melestarikan bahasa daerah, dan menguasai bahasa asing. Selain itu pula, ajang ini menjadi harapan untuk meningkatkan kesadaran generasi muda agar gemar dan mencintai bahasa Indonesia serta bahasa daerah sebagai jati diri bangsa.

Pandemi virus korona memengaruhi proses seleksi tahun ini. Penggunaan sistem daring dan bersemuka dengan menerapkan protokol kesehatan dilakukan sebagai upaya pencegahan penyebaran virus. Rangkaian acara final disiarkan langsung melalui kanal YouTube Duta Bahasa Jawa Barat.

 Final pemilihan Duta Bahasa Jawa Barat 2020 diikuti oleh 40 finalis yang dinyatakan lolos setelah mengikuti beberapa tahap seleksi, meliputi seleksi berkas, UKBI (Uji Kemahiran Berbahasa Indonesia), UKBA (Uji Kemahiran Berbahasa Asing), penilaian esai tiga bahasa, dan wawancara krida. Finalis terpilih mengikuti sesi pembekalan selama dua hari agar semakin siap untuk berkontribusi secara langsung.

Pemilihan Duta Bahasa Jawa Barat 2020 dimenangkan oleh Moch. Akbar Selamat dari Kota Bandung dan Karisa Ardelia dari Kota Bandung

Moch. Akbar memberikan kesannya terhadap Pemilihan Duta Bahasa Jawa Barat 2020 ini. Hal yang membuat pemilihan tahun ini seru adalah keberadaan tes daring yang jauh lebih banyak daripada tes luring. Kebersamaan antarfinalis menjadi lebih erat karena bisa berbagi informasi secara daring.

Pemenang pertama putri, Karisa Ardelia pun memberikan kesannya setelah mengikuti pemilihan Duta Bahasa Jawa Barat 2020. “Pildubas ini bukan hanya sebagai kompetisi. Di sini aku dapat pengalaman, nilai-nilai kehidupan yang tak ternilai harganya, dan aku juga dapat pelajaran banget dari panitia. Selain itu aku dapat keluarga dan teman baru yang semuanya saling mendukung,” ujarnya.

Akbar dan Karisa berharap Duta Bahasa Jawa Barat bisa menjadi mercusuar dan garda terdepan dalam penjagaan kebahasaan. Selain itu, Duta Bahasa Jawa Barat bisa menjadi pihak yang aktif memberikan wawasan literasi dan kebahasaan yang tidak mengandung berita palsu serta menjadi teladan dalam hal kebahasaan.

“Karena ada istilah hade goreng ku basa jadi harapannya dapat menggunakan bahasa bukan hanya lisan, tapi pada perlakuan dan perbuatan. Semoga kita dapat menjuarai Duta Bahasa Nasional 2020 dan menjadi pihak-pihak yang menggemakan betapa pentingnya penggunaan bahasa di sekitar,” pungkas Akbar.

Karisa juga berharap seluruh duta bahasa bisa memberikan kontribusi terbaiknya secara maksimal. “Aku berharap semoga kedepannya Pildubas lebih baik lagi  dan selalu memberikan ilmu kepada peserta-pesertanya,” ucap Karisa.

            Berikut ini daftar pemenang Pemilihan Duta Bahasa Jawa Barat 2020:

Juara 1

Putra   : Moch. Akbar Selamat (Kota Bandung)

Putri    : Karisa Ardelia (Kota Bandung)

Juara 2

Putra   : Muhammad Ridlo Aulia (Kabupaten Bandung)

Putri    : Tjia Alphani Anugrah P (Kota Bandung)

Juara 3

Putra   : Dzikri Muhammad Hermaja (Kota Bandung)

Putri    : Ajeng Tresna Lestari (Kota Tasikmalaya)

Juara Harapan 1

Putra   : Hannan Zakkiya (Kabupaten Subang)

Putri    : Maffira Citra P (Kabupaten Sumedang)

Juara Harapan 2

Putra   : Ellian Irfan Juliano (Kabupaten Indramayu)

Putri    : Yasmin Nurhabibah (Kabupaten Bandung)

Juara Duta Bahasa Media Sosial

Putra   : Fakih Fadilah Mutaqin (Kabupaten Bogor)

Putri    : Nenden Servia Sandora (Kabupaten Bandung)

MEMARTABATKAN BAHASA INDONESIA BERSAMA IVAN LANIN

Ikatan Duta Bahasa Jawa Barat telah melaksanakan siaran langsung bertajuk ‘Martabat Bahasa Indonesia di Tanahnya Sendiri’ pada Senin, 11 Mei 2020. Siaran langsung tersebut diisi oleh pendiri Narabahasa sekaligus

20.06.2020 | oleh Fajar Akbar

Kuliner Tradisional? Kenalan Dengan Ujang Guludug, Yuk!
Buku Vlog Kuliner Ujang Guludug karya Kang Akbar Selamat dan Teh Istri Hardianti sukses memenangkan lomba Sayembara Bahan Bacaan pada tahun 2019. Karya perdana yang ditulis dalam bentuk kolaborasi ini

28.03.2020 | oleh Duta Bahasa Jawa Barat
MEMENUHI GEJOLAK ATMA DI TANAH PAPUA

R. Akbar Fajri Sumaryanto, dikenal dengan panggilan Kang Akbar, merupakan bagian dari Duta Bahasa Jawa Barat Angkatan 2016. Beliau berkesempatan untuk bergabung dengan Kantor Staf Presiden sejak Januari 2017. Selama menunaikan

03.12.2019 | oleh Duta Bahasa Jawa Barat

KEGIATAN LITERASI DUTA BAHASA JAWA BARAT JILID III

            Sabtu (28/4) menjadi puncak dari Kegiatan Literasi Jilid III yang kembali digelar oleh Ikatan Duta Bahasa Jawa Barat (Ikadubas Jabar). Kegiatan mingguan ini dilaksanakan

28.05.2019 | oleh Fajar Akbar